Senin, 24 Juli 2017

Hukum II Newton dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

Hukum II Newton dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari


Hukum II Newton dan contoh hukum II Newton – Pada hukum I Newton menyakan bahwa jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda, maka benda yang sedang bergerak konstan akan terus bergerak dan benda yang diam akan tetap diam. Selanjutnya apa yang terjadi apabila benda tersebut diberikan suatu gaya?contoh hukum 2 newton
Newton telah berpendapat bahwa jika suatu benda diberikan gaya maka kecepatan benda akan berubah. Mungkin laju atau kecepatan benda akan bertambah atau akan berkurang. Jika gaya yang diberikan benda searah dengan gerak benda maka benda itu kecepatannya bertambah. Sebaliknya jika gaya itu diberikan kepada benda yang berlawanan arah maka kecepatan benda akan mengecil.
Berawal dari perubahan kecepatan benda itulah menyebabkan percepatan. Lebih simplenya perubahan kecepatan menghasilkan percepatan.
Bunyi hukum II Newton adalah:

Percepatan sebuah benda akan sebanding dengan gaya yang diberikan pada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda. Arah percepatan benda sama dengan arah gaya total yang diberikan pada benda.
Secara matematis hukum II Newton dirumuskan sebagai berikut:
Σ= m . a
Σ= resultan gaya (Newton)
m = massa benda (kg)
a = percepatan benda (m/s2)
Contoh hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Mobil yang sedang bergerak dari lambat menjadi kencang
  2. Mobil yang bergerak kencang kemudian menjadi lambat
Contoh soal:
  1. Sebuah mobil ditarik oleh truk dengan percepatan 2 m/s2 . jika massa mobil adalah 600 kg. Berapakah gaya yang dikerjakan untuk menarik truk?
Diketahui: a = 2 ; m = 600 kg
F …?
F = m x a
F = 2 x 600 = 1200 N
  1. Benda yang diberikan gaya 20 N mengalami percepatan 4 m/s2. Berapakah percepatan benda trsebut apabila diberi gaya 25 N.
m = F1 : a1
m = 20 N : 4 = 5 kg
a2 = F2 : m = 5 m/s2
sumber : http://fismath.com/hukum-ii-newton-dan-contohnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Goa Pindul

Apa itu goa pindul, di mana letak lokasinya, berapa harga tiket masuknya atau pertanyaan lain yang biasa kami temui. Di bawah ini aka...