Selasa, 25 Juli 2017

Hukum III Newton

Hukum III Newton

menyelamgambar 1.6
Kalian praktekkan memukul tembok. Kira- kira Apa yang kalian rasakan? Iya, benar tangan kita akan terasa sakit. Hal ini terjadi sebagai reaksi dari gaya yang kamu keluarkan untuk memukul tembok sehingga tembok mengerjakan gaya yang sama besar pada tanganmu. Semakin keras kamu memukul tembok, tanganmu akan terasa semakin sakit. Hal ini dijelaskan Newton dalam Hukum III Newton yang dinyatakan sebagai berikut:
“Jika kamu memberikan gaya pada suatu benda (gaya aksi), kamu akan mendapatkan gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan (gaya reaksi) dengan gaya yang kamu berikan.”
Secara matematis, Hukum III Newton dinyatakan sebagai berikut yaitu:
Faksi = –Freaksi
Contoh penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan pada Gambar 1.6. Kaki dan tangan penyelam mendorong air ke belakang (gaya aksi) sehingga badan penyelam terdorong ke depan sebagai gaya reaksi.
 Selain itu, contoh penerapan hUkum III Newton dalam kehidupan sehari- hari yaitu saat bermain bola basket. Saat bermain bola basket, maka pemain bola basket akan melakukan kegiatan mendribel bola. Pada saat mendribel bola inilah terjadi penerapan hokum III Newton, yang mana bola diberi gaya (dipantulkan ke lantai) akan mendapatkan gaya tolak sama besar dari lantai dengan arah yang berlawanan.

Contoh Hukum III Newton dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudah kita ketahui bahwa bunyi hukum III newton adalah untuk setiap aksi, akan ada reaksi yang besarnya sama dan berlawanan arah.
Secara matematis, hukum III newton dituliskan sebagai berikut:
Faksi = Freaksi
Contoh hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Aksi = ketika kita berjalan, kak kita akan mendorong lantai ke belakang. Reaksi = kemudian lantai akan mendorong kita ke arah depan.
  2. Pada orang yang start lari 100 meter. Aksi = telapak kaki mendorong papan start yang arahnya ke belakang. Reaksi = papan start akan mendorong kita ke depan.
  3. Peristiwa roket dapat terbang ke atas. Aksi = gas yang mendorong roket bergerak ke atas. Reaksi = rotek akan terdorong ke atas.
  4. Orang yang naik sampan dan mendayungnya. Aksi = orang mendayung dengan arah ke belakang. Reaksi = air akan memberikan reaksi mendorong sampan ke arah depan.
  5. Orang yang berenang. Aksi = tangan mendorong air ke belakang. Reaksi = air akan mendorong kita ke depan.
  6. Seseorang yang sedang menembak. Aksi = peluru akan mendorong senapan ke belakang. Reaksi = senapan yang mendorong peluru ke depan.
Demikianlah 6 contoh hukum III newton dalam kehidupan sehari-hari. Coba kalian sebutkan contoh yang lain.

sumber 1 : https://prodiipa.wordpress.com/kelas-viii/force-during-dribling-ball/hukum-newton-2/hukum-iii-newton/
sumber 2 : http://fismath.com/contoh-hukum-iii-newton-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Goa Pindul

Apa itu goa pindul, di mana letak lokasinya, berapa harga tiket masuknya atau pertanyaan lain yang biasa kami temui. Di bawah ini aka...