Kamis, 11 Januari 2018

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang

Membuat kerajinan lampu dari kulit kerang

Kulit kerang yg berada di tepi pantai yg sering kita jumpai banyak menjadi sampah dan tidak berarti. Tetapi di tangan seorang seniman yg memiliki kreatifitas dan nilai seni yg tinggi kulit kerang dapat di buat beberapa jenis kerajinan tangan yg sangat indah dan menarik. Diantaranya membuat hiasan lampu untuk di letakkan di ruangan tamu dan kamar tidur.
Berikut cara-cara membuat hiasan kerajinan lampu :
 
Bagaimana Cara Membuat Lampu Dari Limbah Kulit Kerang
Limbah cangkang kulit kerang ini bagi sebagian masyarakat hanya merupakan sampah biasa dan tidak berguna tapi bagi Cici Sri Sulastri limbah kulit kerang ini merupakan sumber kreatifitas yang memilki nilai ekonomi. Ini adalah produk unggulan Cici yaitu lampu hias terbuat dari limbah kulit cangkang kerang darah. Selain membuat lampu hias dari cangkang kulit kerang, Cici juga memproduksi hiasan meja, hiasan dinding, dan juga aksesoris wanita.
Membuat Lampu Dari Limbah Kulit KerangAwal mulanya memulai bisnis ini dimulai sejak tahun 2009. Melihat potensi di Kepulauan Seribu dimana limbah kulit kerangnya itu sangat melimpah di tepi pantai. Awalnya Cici hanya membuat beberapa produk seperti bingkai foto, souvenir-souvenir dan juga aksesories. nah dari situ Cici mulai menawarkan ke beberapa teman dan Alhamdulillah mereka tertarik. Jadi setelah itu Cici mulai banyak pesanan dan mulai mengembangkannya.
Membuat Lampu Dari Limbah Kulit KerangUntuk pengerjaan aneka kerajinan dari limbah kulit kerang ini Cici juga membina ibu-ibu sekitar untuk membantu mengerjakan proses produksi ini. Jadi untuk kapasitas lebih besar pun Cici siap karena memang beberpa jaringan telah berhasil Cici bina.
Membuat Lampu Dari Limbah Kulit KerangIni adalah tahapan bagaimana cara membuat lampu dari limbah kulit kerang dimana proses awalnya yaitu pencucian. Dan ini adalah limbah kulit kerang darah yang sangat kotor. Nah, proses pencuciannya yaitu menggunakan Hcl dengan dicampur air dengan perbandingan 1 liter Hcl dengan 1 liter air. Setelah bersih, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Setelah itu dijemur.
Membuat Lampu Dari Limbah Kulit KerangUntuk membentuk lampu kerang, kita menggunakan media yang berbahan dasar fiber glass, dimana bahan-bahannya serat net taungkan resin yang sudah disiapkan tunggu hingga 15 menit hingga 20 menit.
Membuat Lampu Dari Limbah Kulit KerangIni adalah hasil dari cetakan fiber yang kita buat tadi, yang digunakan sebagai media dasar lampu kerang. Kemudian cara penempelan di media fiber dengan menggunakan lem tembak.
Membuat Lampu Dari Limbah Kulit KerangIni adalah hasil akhir dari penempelan kulit kerang ke media fiber. Setelah ini kita akan menempelkan atau memasangkan pada kaki lampu.
Membuat Lampu Dari Limbah Kulit KerangDan ini adalah mhasil akhir dari pembuatan lampu kerang dan siap digunakan.
Kalau untuk pemasaran yang rutin itu Cici sering kirim ke Korea seperti lampu-lampu hias, dan juga souvenir-souvenir lainnya. Kalau ke Cina Cici lebih banyak mengirim untuk aksesoris wanita. Harapan kedepan produk Cici bisa menembus pasar Internasional seperti Eropa, Amerika, dan negar-negara lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Goa Pindul

Apa itu goa pindul, di mana letak lokasinya, berapa harga tiket masuknya atau pertanyaan lain yang biasa kami temui. Di bawah ini aka...