Kamis, 18 Januari 2018

Kerajinan tangan dari lilin

Kerajinan tangan dari lilin

Lilin kini tidak hanya dijadikan sebagai alat penerang ketika dalam keadaan mati lampu saja. Kini lilin juga digunakan untuk memeriahkan moment-moment tertentu seperti moment ulang tahun, moment  melamar dan moment-moment romantis lainnya. Namun tidak jarang ketika kita sedang ingin merayakan moment tertentu dan telah berkeliling-keliling ke beberapa toko lilin tetap saja tidak menemukan lilin yang kita inginkan. Nah disini kami akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara membuat lilin hias agar ketika anda kesulitan menemukan lilin yang diinginkan anda dapat membuatnya sendiri.

Keuntungan apabila anda membuat lilin sediri adalah anda dapat membuat lilin dengan bentuk dan warna-warna yang anda inginkan. Selain gampang membuatnya alat dan bahanya pun tidak sulit kita temukan. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat lilin hias :
1.      Lilin bubuk / serut
2.      Crayon
3.      Sumbu
4.      Gelas / bisa diganti dengan cetakan sesuai bentuk yang anda inginkan
5.      Penyangga
6.      Pengaduk
7.      Wadah
8.      Pewangi jika diperlukan

Setelah alat dan bahan sudah terkumpul siahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
Langkah pertama :
Siapkan wadah lalu masukan bahan lilin atau lilin bubuk ke dalam wadah tersebut. Kemudian panaskan di dalam oven hingga mencair. Apabila anda tidak memilii oven anda juga bisa memanaskan alat bantu lain untuk mencairkan lilin. Cairan lilin ini digunakan untuk melapisi sumbu yang akan pada lilin supaya dapat berdiri tegak saat diletakan dalam gelas atau cetakan.

Langkah kedua :
Apabila lilin telah mencair, tuangkan sedikit lilin cair kedalam gelas kaca mini atau apapun yang akan dijadikan wadah atau cetakan lilin hias. Kemudian letakan sumbu yang sebelumnya telah diolesi lilin cair ke dasar gelas. Ketika sumbu diletakan pastikan sumbu bisa berdiri tegak di dalam gelas atau cetakan.

Langkah ketiga :
Ambil krayon yang tadi telah disiapkan, pilih warna sesuai dengan lilin yang akan dibuat. kupas dan buang bungkus kertas pada krayon dan ambil isi krayonnya saja.

Langkah keempat :
Campurkan beberapa potong krayon kedalam wadah dengan bahan lilin / lilin bubuk dengan jumlah sesuai kebutuhan tergantung seberapa banyak dan seberapa besar lilin yang ingin anda buat. Pastikan masing-masing wadah berisi warna yang berbeda-beda . Lalu panaskan kedalam oven atau pemanas lain hingga mencair.

Langkah kelima :
Setelah campuran krayon dan lilin mencair, silahkan keluarkan dari oven. Siapkan gelas atau wadah yang tadi telah ditempeli tali. Letakan gelas dengan posisi miring. Gunakan alat penyangga untuk menghingari gelas terguncang dan merusak bentuk lilin. Tunggu hingga membeku terlebih dahulu baru kemudian anda dapat menuangkan kembali lilin dengan warna yang berbeda.

Langkah keenam :
Setelah lilin cair pertama membeku, balik dan miringkan gelas pada posisi sebaliknya. Kemudian tuangkan lilin cair dengan warna berbeda kedalam gelas dengan posisi miring berlawanan arah.

Langkah ketujuh :
Setelah lapisan kedua telah memadat silahkan tegakan posisi gelas dan kemudian tuangkan campuran lilin dengan warna berbeda hingga terisi penuh. Tunggu hingga lilin memadat dan dingin. Setelah lilin memadat maka lilin hias sudah jadi dan siap untuk menghiasi ruangan untuk memeriahkan momen anda.

Demikian tahap demi tahap cara pembuatan lilin hias, semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi apabila anda ingin membuat lilin hias sendiri. Selamat mencoba J

http://ilmukerajinan.blogspot.co.id/2015/11/kerajinan-tangan-dari-lilin.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Periskop

PERISKOP Periskop adalah sebuah teropong yang digunakan untuk kapal selam. Namun,Periskop tak hanya digunakan di kapal selam namun juga...